|

Candi Sambisari, Kegagahan Yogyakarta yang Tersembunyi


Oleh: Sitti Rasuna Wibawa

Awalnya saya melakukan touring candi-candi di Jogja karena ajakan ayah saya yang merupakan pecinta sejarah. Namun kemudian ditambah rasa ingin tahu saya pula mengenai candi-candi yang bahkan belum pernah saya dengar sebelumnya. Seperti Candi Barong, Candi Ijo, Candi Kalasan, Candi Sambisari, dan Candi Gebang.

Untuk pertama, saya menuliskan mengenai Candi Sambisari. Candi ini terletak di Desa Sambisari yang tak jauh letaknya dari Bandara Adisucipto Jogjakarta. Candi ini tidak banyak masuk dalam agenda mass tourism karena agak susah mencapainya, masuk desa dan jalan yang kecil. Uniknya Candi Sambisari ialah letaknya yang berada pada 6,5 meter di bawah permukaan tanah yang menurut sejarah diakibatkan oleh timbunan lahar Gunung Merapi sekitar abad ke-11.

Candi Sambisari dikelilingi oleh benteng yang berasal asli dari batu candi dan di depan candi utama terdapat tiga candi perwara yang bentuknya sudah lebih dari 60% rusak dan tanpa atap. Di depan candi induk terdapat arca penjaga yang berbentuk burung yaitu Kinara – Kinari. Di sekeliling candi induk terdapat patung Ganesha, Dewi Durga, dan Agastya serta di dalam candi terdapat Lingga –Yoni.

Hanya dengan 2000 rupiah (atau seikhlasnya) Anda dapat menikmati Candi Sambisari.

  source : detik.com

Posted by stanislaus on 13.05. Filed under , .

0 comments for "Candi Sambisari, Kegagahan Yogyakarta yang Tersembunyi"

Leave a reply

Sponsor

Entri Populer